Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Berikan Yang Terbaik Untuk Lingkungan Sekitar Melalui Kreativitas Dan Inovasi

Cibodas, 28 Maret 2018. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ke-38, Hari Bhakti Rimbawan ke-35, dan Hari Hutan Internasional ke-6, serta persiapan Balai Besar TNGGP menuju “Zero Plastic” dan “Road to Eco Office” juga berpartisipasi mendukung program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan “Gerakan 3 Bulan Bersih Sampah”, Balai Besar TNGGP menyelenggarakan Festival Kolaboratif TNGGP dengan Masyarakat Sekitar Kawasan Tahun 2018 dengan tema “Berikan yang Terbaik untuk Lingkungan Sekitar Melalui Kreativitas dan Inovasi”.

Rangkaian acara Festival Kolaboratif TNGGP dengan Masyarakat dimulai dengan kegiatan Aksi Operasi Bersih Gunung bersama mitra dan masyarakat menuju “Zero Plastic” dilaksanakan tanggal 14 sampai 15 Maret untuk jalur pendakian Gunung Putri – Cibodas dan tanggal 23 sampai 25 Maret untuk jalur pendakian Selabintana. Selain itu, dilaksanakan penanaman 2.000 pohon bersama PT. Tirta Fresindo Jaya Plant. Ciherang (Mayora Group) dan masyarakat di Pasir Benyeng, Resot Tapos pada tanggal 24 Maret. Dilanjutkan dengan aneka perlombaan dalam mendukung promosi “Ayo ke Taman Nasional” dan menuju “Road to Eco Office”, lomba desain logo/ icon eco office, desain tempat sampah, dan vlog promosi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Aneka lomba ini untuk memicu kreativitas pegawai Balai Besar TNGGP menuju inovasi. Rangakaian acara festival ditutup dengan acara puncak di Kantor Balai Cibodas, 28 Maret 2018.

Pada acara puncak Kepala Balai Besar TNGGP, Wahju Rudianto, S.Pi. M.Si. mengutarakan 3 harapannya kepada Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, “Harapan di usia Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang ke-38 ini, pertama dengan tema yang diangkat mari kita bersama-sama melaksanakan pengelolaan TNGGP melalui kolaborasi, kreativitas, dan inovasi; kedua dalam bekerja kita harus punya prinsip One for All….All for One. Kita semua merupakan satu bagian dari Balai Besar TNGGP, jangan sampai ada persaingan di dalamnya tetapi harus bekerja bersama dalam memajukan TNGGP; ketiga tidak hanya program yang besar saja yang diperhatikan, namun program kecil penting untuk diperhatikan seperti tertib dalam administrasi dan pengelolaan BMN”.

Beliau juga mengajak para rimbawan untuk selalu mengingat dan memaknai semangat Mars Rimbawan. Menurutnya, Mars Rimbawan memiliki beberapa makna, antara lain (1) Kita harus selalu bekerja dengan gembira tidak merasa tertekan atau stress serta ikhlas, meski ditempatkan dimanapun; (2) Kerahkan segala daya dan upaya untuk keberhasilan kerja dalam rangka menyokong Nusa dan Banga; dan (3) Harus selalu mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi. Selain itu, Beliau juga menegaskan bahwa Mars Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mengajak kita untuk mengelola segala kekayaan atau potensi yang ada di kawasan Taman Nasional ini dengan sebaik-baiknya agar sumber daya alam bisa lestari dan dapat dinikmati dari generasi ke generasi.

Hadiah terindah untuk HUT TNGGP tepat di usianya yang ke-38, meraih peringkat ketiga pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (SINOLINGHUT 2017), dengan Gepang Online-nya. Dan juga pada Bulan Maret ini telah hadir Kepala Balai Besar secara definitif serta 3 orang dari TNGGP mendapat promosi jabatan, Kepala Bagian Tata Usaha, Ir. Yusak Mangetan, M.AB. promosi menjadi Kepala Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Bambang Mulyawan, S.H. M.H. promosi menjadi Kepala Seksi Wilayah VI Tapos dan Dani Darmawan, S.H. M.H. promosi menjadi Kepala Sub Bagian Umum di Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Pada kesempatan acara puncak, dilaksanakan serah terima jabatan dan pisah sambut pejabat eselon III dan IV serta melepas pegawai yang purna tugas. Menyambut kehadiran Kepala Bagian Tata Usaha yang baru, Wasja, S.H. dan Kepala Seksi Wilayah V Bodogol, Amru Ikhwansyah, S.Pd. serta melepas Ir. Yusak Mangetan, M.AB., Chusnul Faridh, S.Hut. M.Sc., Bambang Mulyawan, S.H. M.H., dan Dani Darmawan, S.H. M.H. yang promosi dan mutasi serta Ade Jajuli yang purna tugas.

Acara dimeriahkan aneka lomba hiburan, lomba memasak nasi goreng bapak-bapak dan lomba karaoke joged yang diikuti oleh pegawai dan Dharma Wanita Balai Besar TNGGP. Kelompok Tani Hutan (KTH) binaan Balai besar TNGGP ikut berpartisipasi memeriahkan acara dengan menampilkan berbagai hasil olahannya. Pamungkas acara, untuk menyambut warga baru Balai Besar TNGGP (Kepala Balai Besar TNGGP, Kepala Bagian Tata Usaha, dan Kepala Seksi Wilayah V Bodogol) diceburkan ke kolam selamat datang.

Melalui acara Festival Kolaboratif TNGGP dengan Masyarakat Sekitar Kawasan Tahun 2018 mari berikan yang terbaik untuk lingkungan sekitar melalui kreativitas dan inovasi dalam melestarikan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Sumber: Poppy Oktadiyani, S.Hut., M.Si.