Azzofi, Ari; Chayatunnisa, Indah; Meydiana; Sumawardani, Putri. 2011. Praktik Pengolahan Ekowisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Cibodas. Bogor; Program Keahlian Ekowisata Program Diploma – Ipb.

Peneliti: Ari Azzofi; Indah Chayatunnisa;  Meydiana;  Putri Sumawardani.

Topik : Ekowisata

Tahun : 2011

No. Pustaka:

Abstrak

Praktik pengolahan program keahlian ekowisata Institut Pertanian Bogor dilaksanakan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Resort selama 14 (empat belas) hari efektif pada tanggal 27 Juni-10 Juli 2011, yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pembelajaran dan wawasan kepada mahasiswa tentang pengelolaan ekowisata, memberikan pengalaman mahasiswa untuk memahami dan bekerja secara langsung, meningkatkan daya nalar mahasiswa dalam memahami permasalahan dan mencari solusi serta mampu merancang program perbaikan kegiatan dalam pengelolaan ekowisata. Menumbuh kembangkan sense of  imagination dalam merencanakan dan merancang paket-paket program ekowisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.
Praktik pengolahan ekowisata ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan, mengenal, belajar, dan bekerja. Metode praktikum yang digunakan dalam memperoleh data yaitu dengan cara studi pustaka / literature, wawancara, kuisioner, observasi, partisipasi dan dokumentasi. Objek wisata yang terdapat diantaranya flora dan fauna yang hidup dikawasan TNGGP dan keindahan alam yang dimiliki menjadi daya tarik wisata seperti air terjun dan bentang alam. Kegitan wisata yang dilakukan oleh pengelola diantaranya wisata rekreasi air terjun, edukasi/pendidikan dan pendakian.
Pengelolaan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dalam proses pelaksanaannya dilakukan dengan mengikuti standar operasional prosedur yang berlaku (SOP). Fasilitas yang terdapat di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango masih kurang memadai dikarenakan kurangnya pengeloaan dalam hal merawat dan menjaga, dan terbatasnya ketenagakerjaan yang ahli. Penanganan untuk menanggulanginya sudah banyak dilakukan mengelola, salah satunya dengan berkerjasama dengan masyarakat (LSM). Penanganan keamanan dan keselematan bekerjasama antara polisi hutan masyarakat dan volunteer seperti volunteer mountana dikawasan Cibodas.