Antisipasi Virus Corona, Bbtnggp Melaksanakan Pemeriksaan Kesehatan

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) bersama Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Edelweis melalui salah satu unit usahanya Unit Layanan Kesehatan (ULK) Edelweis berupaya mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19). Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan kesehatan terutama suhu tubuh kepada seluruh pegawai lingkup Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, pelajar/ mahasiswa yang sedang magang, dan para tamu lainnya.

Wahju Rudianto, Kepala Balai Besar Taman Nasional Gede Pangrango menghimbau agar seluruh pegawai dan tamu yang berada di lingkungan kerja BBTNGGP untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan. Hal ini dilakukan agar personil terlindung dari penyebaran virus corana yang sedang mewabah di beberapa negara dan mulai masuk ke Indonesia beberapa pekan ini.

Dokter Herdiansyah Kusumah bersama tim medis Unit Layanan Kesehatan (ULK) Edelweis – Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mengecek suhu tubuh untuk memastikan ada/ tidaknya gejala medis terjangkit virus sebagai mitigasi penyebaran di lingkungan kerja Balai Besar TNGGP.

Pada kesempatan pertama, Selasa (10/03/2020) pemeriksaan dilaksanakan di kantor Balai Besar TNGGP di Cibodas – Cianjur. Alhamdulillah, seluruh pegawai, pelajar/ mahasiswa magang, dan para tamu yang diperiksa tidak ada indikasi terjangkit virus corona. Ada beberapa orang yang mempunyai keluhan kesehatan seperti influenza, batuk, sakit tenggorokan, dan demam. Namun bukan karena virus corona tapi sakit radang tenggorokan.

Saat pemeriksaan dokter Herdiansyah Kusumah menjelaskan pada para pegawai, “Bapak dan Ibu tidak perlu panik dengan adanya virus corona tetap tenang dan yang penting tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat bernutrisi dan cukup istirahat serta budayakan mencuci tangan dengan sabun”. Apabila suhu tubuh di atas 37,4 derajat C harus segera periksa ke dokter atau klinik terdekat, himbaunya.

Rencana kegiatan pemeriksaan ini akan dilanjutkan di kantor Bidang PTN Wilayah lingkup Balai Besar TNGGP: Bidang PTN Wilayah I Cianjur di Cugenang – Cianjur; Bidang PTN Wilayah II Sukabumi di Perbawati – Sukabumi; dan Bidang PTN Wilayah III Bogor di Caringin – Bogor. Semoga hasil dari pemeriksaan kesehatan selanjutnya, lingkungan kerja Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango bebas dari “virus corona” untuk mendukung terciptanya lingkungan kerja yang sehat.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango