Taman Nasional Gunung Gede Pangrango [National Park]

The Oldest Tropical Mountain Rain Forest of Java

Depan » Kegiatan » Akhirnya PEH Bidang PTN Wilayah I Cianjur ketemu Si Totol


Akhirnya PEH Bidang PTN Wilayah I Cianjur ketemu Si Totol

10.9.12Hits 2.960 views|KegiatanCetak

Berdasarkan hasil penelitian populasi macan tutul di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), diketahui estimasi populasi Macan Tutul (Panthera pardus) di TNGGP sebesar 22 individu (Ario dkk, 2009). Dengan adanya temuan beberapa individu muda dalam pelaksanaan monitoring Macan Tutul di TNGGP, dapat dikatakan adanya populasi yang sehat dalam kawasan dan terjadi kecenderungan peningkatan populasi. Untuk mengetahui dinamika populasi macan tutul di kawasan TNGGP perlu dilakukan pemantauan (monitoring) populasi secara intensif dari tahun ke tahun.

Sejak tahun 2008 PEH Bidang PTN Wilayah I Cianjur telah bekerjasama dengan Conservation International (CI) terkait Inventarisasi Populasi Macan Tutul khusus di wilayah Bidang PTN Wilayah I Cianjur. Kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan dan salah satu metode yang digunakan adalah monitoring secara tidak langsung dengan menggunakan camera trap/Kamera Penjebak dan ditempatkan di 4 (empat) Resort PTNWilayah yakni Mandalawangi, Gunung Putri, Sarongge dan Tegallega. Selama 3 (tahun) Tim Inventarisasi Populasi Macan Tutul belum dapat menemukan foto maupun video macan tutul, hal ini disebabkan keterbatasan jumlah camera trap, dan pernah juga 1 camera trap hilang selain itu pemilihan lokasi yang tidak tepat.

Akhirnya pada bulan Mei 2012 dengan berbagai pertimbangan penempatan camera trap difokuskan pada 1 (satu) lokasi tertentu yang diindikasikan terdapat keberadaan individu dimana salah satu indikatornya ditemukan cakaran kuku Macan Tutul pada salah satu pohon. Setelah 3 kali pengecekan dengan interval wakut 1 (satu) bulan, maka pada tanggal 6 September 2012 Tim PEH Cianjur dan CI berhasil mendapatkan rekaman data berupa Video dan poto dengan indikasi 1 ekor anak (betina)  dan 2 ekor dewasa (1 jantan, 1 betina).

Populasi Macan Tutul di TNGGP dengan informasi awal sebesar 22 individu (Ario dkk, 2009), maka dengan didapatkannya rekaman data berupa foto dan vidio oleh Tim PEH Cianjur dan CI maka estimasi populasi sementara Macan Tutul di TNGGP sebesar 25 individu (PEH Bidang PTN Wil.I Cianjur & CI).

[ teks © TNGGP 092012 | P3- Peh 1]